Rabu, 27 Februari 2013

Sandaran Hati #5

Diposting oleh Unknown di 06.03


Sandaran hati :: 5
:: buka hati dan pikiran. Kita tidak akan tahu kalau tidak mencoba. Jangan sesali jika kita mengalami kegagalan, karena kita bisa mengambil pelajaran dari kegagalan itu ::
****
“ ga apa-apa kok. Lanjutin ngomong nya donk.”
“ iya, aku,,”
“ aku apa, La?”
“ aku ga bisa kasih tau sekarang, Rief. Yuk kita pulang aja.” Aku berdiri dan mulai beranjak meninggalkan tempat itu.
****
duh Gustiii..
aku Lelah.
menerawang jauh,melanglang menembus cakrawala.
berharap takkan pernah berpijak di bumi lagi.
asa dan rasa kini berbaur kemudian menguap dan berubah menjadi hampa.
tak mampu tuk menangis,,
tak mampu tuk meratap,,
tak mampu ku tuk meraung...
duh Gustii. . .
perih dan kecewa jelas tetoreh di hati.
Berharap kan datang mentari di hati ini
Mentari yang kan mampu membawa damai di hati.
Malam ini aku kembali mencurahkan isi hati. Sudah seminggu berlalu sejak peristiwa Arief mengungkapkan perasaannya. Aku benar-benar bingung mengingat ucapan Arief. Aku memang nyaman saat berada di sisi nya. Tapi aku ga merasakan perasaan lebih. Dia baik sekali, dia itu mantan pacarku. Tapi sikap dan perlakuannya terhadap ku tidak pernah berubah, bahkan lebih dari yang dulu. Sewaktu berpacaran dengannya, tak pernah sekalipun dia membuatku menitikkan air mata, membuatku cemberutpun tidak pernah. Dia selalu berusaha membuatku tersenyum. Sikap dia dewasa, mungkin faktor perbedaan usia yang buat dia bersikap lebih dewasa. Tapi dengan alasan yang tidak masuk akal aku malah putusin dia. Sekarang, setelah aku jalani kisah aku sama Denny, baru terasa penyesalan. Aku menyesal karena pernah menyia-nyiakan orang sebaik Arief. Setelah tau perasaannya yang sekarang makin buat aku bimbang, bahasa gaulnya sih GALAU. J
Selama satu minggu uga aku ga ada komunikasi sama Denny, dengan alasan aku mau nyelesein laporan. Pesan orang-orang terdekat aku selalu terngiang-ngiang di telinga aku.
“ La, pikirin baik-baik soal cari pasangan kamu. Ibu ga maksa harus dengan orang dari suku apa, dia punya harta sebanyak apa, yang penting buat ibu dia bisa jagain kamu, ga nyakitin kamu. Kalo emang udah ga tahan sama sikap Denny, tinggalin dia. Ibu yakin masih ada laki-laki yang lebih baik dari dia dilihat dari segi manapun. Pikirin itu sayank,” itu nasihat ibu setiap aku nanya soal pendamping yang diinginkan beliau.
“ jangan gegabah ambil keputusan. Tanyain sama orang-orang terdekat kamu. Mereka pasti bisa kasih solusi yang terbaik buat kamu. Banyak yang sayang sama kamu, La. Jangan ngorbanin masa depan kamu buat hal yang ga penting. Dari kecil kita udah bareng, aku ngerti banget sifat dan kelakuan kamu. Aku ga mau kamu salah ambil keputusan.” Itu pesan sahabatku, Nana, setiap aku mengeluh mengenai masalah-masalahku. Mereka benar, banyak yang sayang sama aku, kalopun aku tinggalin satu orang yang aku sayang, Denny, itu ga akan ngurangi jumlah orang yang sayang dan peduli sama aku.
Kaya nya aku harus selesein masalah ini secepatnya. Aku harus bicara sama  Denny. Langsung aku ambil ponsel dan ku ketik sms buat dia.
To: abangKuu
Bsok ktmu y. Da yg prlu q omongin, pnting.
Send
Hufth,, aku menghembuskan nafas berat dan membaringkan tubuh di tempat tidur. Semoga ini keputusan terbaik buat semua. Aku terlelap ke alam mimpi. Mimpiku lebih indah dari kenyataan yang aku jalani.
****
Drrrttt...ddrrttt...ddrrttt
Aku menggeliat, dan meraba-raba mencari dimana sumber getaran itu. Setelah kudapatkan ponsel itu, baru ku buka mata dan heran melihat nama yang tertera di layar ponsel.
Arief calling
Setelah mengucek mata dan melihat sekilas jam di dinding kamarku, baru ku angkat telpon itu.
“assalamu’alaikum,” terdengar dia mengucapkan salam.
“ wa’alaikumussalam. Hoamm.” Jawabku sambil menguap.
“bangun donk, Neng. Udah jam berapa ini,” ucapannya membuat aku terkejut.
“ apaan sih, masih ngantuk nih. Ganggu aja,” aku menyahut ketus.
“eh, shalat subuh dulu. Udah jam 5:30 nih.” Dia terus nyerocos bangunin aku.
“ iya ah, bawel banget sih kamu. Aku bangun nih. Udah yaa, assalamualaikum.”
Tut,tut,tut
Aku langsung mematikan sambungan telepon itu sebelum dia sempam menjawab salamku. Itu orang makin aneh, ngapain coba pagi-pagi gini udah nelpon bangunin aku, pake panggil ‘Neng’ segala lagi. Itu kan panggilan waktu masih pacaran. Entahlah, aku ga mau ambil pusing, aku langsung beranjak dari tempat tidur untuk mengerjakan shalat subuh.
Pukul 8:00 aku sudah berpakaian rapi dan keluar kamar—menuju dapur, mau isi perut. Disana aku lihat Nana sedang menyiapkan dua piring nasi goreng untuk sarapan kami.
“wah, pantesan dari tadi penghuni perut aku pada demo. Ternyata koki Nana lagi bikin nasi goreng,” ucapku sambil mengisi gelas yang sudah disediakan.
“alahhh,, itu muji apa ngenyek , La?” jawabnya sambil meletakkan telur mata sapi di piring ku.(ngenyek itu dlm bahasa jawa maksudnya ngejek)
“ dua-duanya aja deh,” aku nyengir sambil mengambil sendok, dan siap-siap melahap nasi goreng yang lezat itu.
“ eh, kok kamu udah rapi? Mau kemana?” dia duduk di depanku.
“mau keluar, ngomong sama Denny.”
“mau ngomongin apalagi, La? Jangan sampe ribut lagi ya!” dia menasehatiku, aku Cuma mengangguk.
“ tadi Arief nelpon, aneh banget tau ga, Na.”
“ aku ga tau tuh, La.”
“ iya lah ga tau, kan belum aku kasih tau.”
“nah itu pinter, ngomong apa dia?”
“ Cuma bangunin aku shalat subuh,”
“terus letak anehnya dimana Ela sayang?” dia geram mendengar ucapanku yang sepotong-sepotong. Kalo udah mulai kesal atau gemas, dia suka panggil aku, Ela.
“ dia panggil aku ‘Neng’. Kan aneh banget Na.”
“ neng? Itukan panggilan waktu kamu masih pacaran sama dia, ‘neng Lala’. Hahha” dia tertawa mwndengar ucapanku.
“ih ini serius. Kamu becanda aja. Nanti lah aku lanjutin ngobrolnya.” Aku beranjak dari meja makan. Lalu ku hubungi Denny. Aku paling males nelpon dia, jadi kalo ada apa-apapaling Cuma sms.
To : abangKuu
Udh brgkt blm?kok sms yg mlm td ga d bles?cpet ya, aq udh siap nih.
Send
Baru aja aku taro ponsel itu di meja
Ddrtt,,ddrrtt,,ddrrttt
From: abangKuu
Udh,bntr lg jg nympe. Tunggu ja ya.
Setelah membaca sms itu, aku duduk di teras depan kos. Bunga-bunga yang ada di depan kos terlihat tak terawat, rumputnya sudah mulai tinggi. Hmm, sudah berapa lamakah aku ga ikut beres-beres kos? Kasihan sekali bunga-bunga itu, kesepian, hilang pesona keceriaannya.
Tiiiiiinnnn,,, lamunanku buyar karena mendengar klakson.
“ nagapin ngelamun pagi-pagi?” Denny membuka kaca helmnya dan memandang ke arahku dengan senyum khasnya.
“ga ngapa-ngapain. Liatin bunga-bunga itu aja. Kita langsung berangkat aja ya,” aku berdiri dan memakai sepatu yang sudah aku siapkan.
“ Na, aku pergi dulu ya,” aku teriak di depan pintu.
“yeeey, ga sopan pamitan kok teriak-teriak. Salam dulu sama orang tua,” dai menghampiriku dan mengulurkan tangannya.
“maaf Mbah, lupa. Hehe” aku menyalaminya dan meletakkan punggung tangannya dipipiku.
“kok di pipi? Salaman tuh dicium pake idung, masa pake pipi,”
“udah ah, bawel banget sih Mbah, tambah keriput lho, hehe” aku langsung menghindar dan berjalan ke arah Denny.
“awas kamu kalo udah pulang, aku bikin perkedel kamu,La,” dia menjulurkan lidah ke arahku. :p
“udah ah, aku berangkat.” Aku duduk di atas motor, dan mamakai helm yang diberikan Denny.
“Denn, jagauin Ela ya. Jangan bikin dia nangis lagi lho” psan Nana pada Denny
“siip. Kami pergi dulu ya. Assalamu’alaikum” jawabnya.
“wa’alaikumussalam,” Nana menjawab dan melambaikan tangannya ke arahku.
Denny melajukan motornya pelan, kami sama-sama diam. Ga ada yang mulai bicara.
“mau kemana?” tanya Denny memulai obrolan.
“ketempat biasa.” Jawabku singkat. Lalu kami sama-sama diam sampi di tempat tujuan.
****
Sampai di tempat tujuan kami, sebuah bukit kecil yang sejuk. Kami duduk di kursi kayu dibawah pohon yang rindang. Aku masih diam, memikirkan kata-kata yang tepat untuk memulainya.
“katanya mau ngomong, kok malah diem, La?” akhirnya dia yang memulai pembicaraan ini.
“iya, aku bingung mau mulainya dari mana.” Aku gugup.
“emang mau ngomongin tentang apa?” dia membenarkan posisi duduknya menghadap aku.
“ aku pengen kita udahan,” jawabku sambil tertunduk.
“putus maksudnya? Kenapa?”
“iya,’ jawabku singkat.
“kenapa, La? Ada cowo lain selama satu minggu kita ga komunikasi?” dia mulai emosi.
“ga ada. Aku Cuma cape aja jalani yang kaya gini. Aku tau kamu sayang aku, tapi cara kamu itu bikin aku sakit terus. Bikin aku ga bisa ngapa-ngapain, aku cape.” Aku mulai menitikkan airmata.
 “ aku janji ga akan ngulangi lagi, ga akan main tangan lagi, ga akan ngomong kasar lagi, ga akan marahin kamu di depan umum lagi. Please, kita jangan bubar. Aku janji, La.” Dia menggenggam tanganku.
“aku udah pikirin ini baik-baik. Ini yang terbaik buat kita. Aku ga masalah soal luka fisik, tapi hati aku sakit, Denn. Tiap kamu hina aku, kamu caci aku. Sakit banget,” aku mencoba melepaskan genggaman tanganya.
“ aku minta maaf banget, La. Maaf.”
“ aku udah coba buat ikhlas maafin kamu. Aku udah ikhlasin semuanya, aku yakin kelak kita dapet pengganti yang lebih baik.”
“ikhlas kamu bilang?” dia emosi lagi.
“iya, aku ikhlas semuanya, aku ga akan nuntut apa-apa dari kamu.”
“haha, dasar cewe bodoh! Enak aja kau bilang ikhlas. Aku ga akan pernah ikhlas sampe kapanpun, ngerti kau?” dia mulai membentakku, aku diam semakin tertunduk.
“ kenapa diam? Emang dasar kau tuh lo**e, seenaknya aja kau bilang gitu. Mikir donk. Aku ga terima ya kau bikin aku kaya gini,”
“terima ga terima, suka ga suka, mau ga mau, ini keputusan aku. Kita putus.” Jawabku dan beranjak meningglakan tempat itu.
“heh anj***, anak p***k, urusan kita belum selesai. Jangan asal pergi aja kau,” dia menarik tangan ku dengan kasar membuat langkahku terhenti.
“lepasin Denn. Aku mau pergi. Aku mau kita putus, aku cape dianggep rendah sama kamu. Sekarang orang-orang mandang sebelah mata ke aku, kamu pengen semua orang ngerendahin aku?”
“kita bisa omongin ini lagi La,” dia masih menggenggam tanganku.
“omongannya udah selesai. Dulu kita juga udah pernah ngomongin hal ini sama keluarga kamu kan? Hasilnya apa? Setelah kamu pukulin aku, keluarga aku mau laporin kamu ke polisi, tapi keluarga kamu minta kami ga lakuin itu. Aku terima dan maafin kamu. Aku harap kamu bener-bener berubah, nyatanya ga kan?”
“hei, aku juga kaya gitu karena kau buat salah. Kalo kau ga bikin aku marah juga aku ga bakalan nyakitin kau. Emang dasarnya aja kau tuh yang suka bikin emosi aku naik,” dia masih dengan angkuhnya memarahiku.
“apa harus dengan mukul aku? Hal sepele pun bisa bikin kamu marah kan? Inget ga kejadian ramadhan kemaren? Cuma karena aku ga angkat telpon kamu, dengan seenaknya kamu sebarin nomer hape aku dan bilang kalo aku tuh p***k yang bisa dipake kapan aja. Sakit perasaan aku.” Sekuat tenaga aku tahan air mata ini menetes, aku ga boleh nangis lagi.
“ooo,, setan kau ya bawa-bawa masalah itu. Kan emang kau tuh pantes di jual, malahan dirumah juga mamak kau kan yang nyariin pelanggan? Mending kau sama aku aja, janji ga akan aku ulangi perbuatan aku,”
“maksud kau ngomong itu apa hah? Napa kau bawa-bawa mamak aku? Enak aja ya mulut kau tuh ngomong gitu,” aku menjawab tak kalah emosi, dai terkejut melihat reaksiku.
“dah berani kau ngomong gitu sama aku hah?” dia mendekat ke arahku, dan
Buugghhh......
TbC pemirsa. J
Hayyoo...kira.kira siapa ya yang di tonjok. Adduh jadi seremm.. L... makasih ya udah mau tetep kena tag. Tulisan ini ga niat buat apa.apa. Cuma iseng aja,hehehe. Maaf kalo ceritanya GAJE, maklum saja saiia masih pemula. Keep writing 4 me, and happy reading 4 u.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Coretan Cilla R S Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei