Jumat, 26 September 2014

4x6 atau 6x4?

Diposting oleh Unknown di 20.49 0 komentar
Beberapa waktu terakhir ini ada fenomena yang cukup menarik. Soal perkalian matematika kelas 2 SD. Banyak respon pengguna ssosial media, ada yang menanggapi positif dan negatif.
Pada dasarnya 4x6 = 6x4 = 24. Hanya saja proses menuju hasilnya yang berbeda. Saya tidak membahas tentang hasil perkalian tersebut ataupun tindakan guru tersebut memberi nilai.
Si Pengunggah foto tersebut sudah mengatakan, ini bukan tentang nilai tapi tentang kreatifitas anak yang seperti dibatasi oleh sebuah konsep. Padahal salah satu kemampuan yang ingin dicapai setelah belajar matematika adalah mampu berpikir kreatif dan kritis. Jadi menurut saya, apapun jawaban dari seorang siswa harus tetap diapresiasi karena mereka memiliki kreatifitas sendiri. Namun jika tidak sesuai konsep, maka tugas kita sebagai seorang guru memfasilitasi dan mengarakan siswa pada konsep tersebut.

Mari menjadi pengguna internet yang cerdas, jangan melihat suatu hal hanya dari satu sisi.

Terimaksih.

_RS_
 

Coretan Cilla R S Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei